Rabu, 06 Februari 2008

Virus Stargate: RC24 Update Build2

Tujuh virus atau varian yang dilaporkan banyak beredar di Indonesia telah ditambahkan pada update kali ini. Jadi, total penambahan pengenal virus di RC24 sampai dengan Update Build2 kali ini adalah sebanyak 19 virus. Bagi Anda pengguna PCMAV RC24 sangat disarankan segera melakukan update agar PCMAV dapat mengenali dan membasmi virus lebih banyak, terutama virus Tati yang dilaporkan menyebar luas hingga saat ini.

Untuk mendapatkan dan menggunakan update PCMAV ini, hendaknya pastikan terlebih dahulu PCMAV RealTime Protector tidak sedang berjalan. Jika iya, Anda harus menutup aplikasi tersebut terlebih dahulu. Lalu Anda cukup menjalankan PCMAV Cleaner RC24 (PCMAV-CLN.exe), tentunya komputer harus dalam keadaan aktif terhubung ke Internet (non-proxy). Fitur GetUpdates dari PCMAV secara otomatis akan memberikan alamat internet yang aktif di mana Anda bisa men-download file update tersebut. Letakkan file hasil download
tersebut (RC24.VDB) ke dalam folder di mana PCMAV RC24 berada. Jika sebelumnya telah terdapat file update yang lama, Anda cukup menimpanya. Dan nanti saat Anda kembali menjalankan PCMAV, ia sudah dalam keadaan kondisi ter-update.
Namun bagi Anda yang ingin mendapatkan file update tersebut secara manual, Anda bisa men-download file-nya melalui beberapa alamat ini: DivShare.com, GudangUpload.com (mirror), atau Upload2.net (mirror).
Pesan dari pembuat virus Stargate.

Virus Stargate. Virus lokal yang juga banyak dikeluhkan oleh pembaca PC Media ini dibuat menggunakan Visual Basic. Ia menggunakan icon mirip folder standar Windows untuk menyamar, dan dapat menyebar melalui flash disk ataupun jaringan (network) melalui sharing
folder. Virus ini menghalalkan segala cara agar ia dapat bertahan hidup selama-lamanya di komputer korban, diantaranya dengan mem-bypass beberapa aplikasi bawaan Windows seperti Registry Editor, Command Prompt, dan juga beberapa program antivirus. Saking ketatnya proteksi yang dilakukan oleh sang virus, bahkan mengakibatkan tidak berjalannya aplikasi lain yang ada di komputer korban.

Tampilan Start Menu yang dipenuhi dengan icon folder karena ulah virus Stargate.

Saat menginfeksi, hanya dibutuhkan waktu singkat, dengan cepat ia akan membuat duplikat dari file atau folder untuk menyamar, jadi harddisk Anda akan penuh dengan file duplikat dari si virus. Dan lagi, virus ini pun akan mengubah icon untuk beberapa tipe file, seperti contohnya file .exe (executable) dengan icon folder, jadi ini akan semakin membingungkan sang user. Coba saja lihat Start Menu, maka sebagian dari aplikasi yang ada, iconnya berubah menjadi icon folder.
sumber : http://virusindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar