Sabtu, 22 Januari 2011

Aplikasi recovery data

 
Pasti kesal jika data penting kita tiba-tiba hilang, mungkin karena tidak sengaja terhapus atau dihapus orang lain bahkan dihapus oleh virus.

Banyak software yang dapat mengembalikan file-file ataupun partisi kita yang terhapus dengan mudah dan cepat, baik harus kita bayar penggunaannya ataupun bebas pakai.
Salah satu diantaranya adalah TestDisk, software yang satu ini dapat digunakan dengan bebas dimana saja (opensource dengan dukungan multiplatform).
Kekurangannya (bagi yang merasa hal tersebut merupakan kekurangan) adalah software ini dijalankan tanpa GUI alias command line.

Testdisk sendiri sebenarnya ditemani oleh Photorec, dimana Testdisk berfungsi untuk mengembalikan partisi yang hilang sedangkan Photorec digunakan saat kita ingin mengembalikan file-file yang hilang (walaupun namanya Photorec tapi semua file dapat didukungnya).

Testdisk mendukung hampir semua partisi yang umum dipakai oleh berbagai sistem operasi yang ada. Sebut saja NTFS, EXT2, EXT3, ReiserFS, XFS, JFS, HFS, HFS+, dan masih banyak lagi.
Untuk Photorec, pengembalian file yang terhapus dibatasi oleh dukungan jenis partisi. Seperti ReiserFS contohnya, dikarenakan mekanisme operasi ReiserFS yang sedikit rumit mengakibatkan file tidak dapat dikembalikan dengan baik.


Download :
testdisk-6.10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar