Jumat, 04 Maret 2011

Tips Menghindari Kejahatan di Facebook


PORTALKRIMINAL.COM - JAKARTA : Seperti yang kita ketahui, facebook adalah aplikasi jejaring sosial dimana 2 tahun ke belakang ini, mulai marak di akses oleh semua lapisan masyarakat, terutama kalangan remaja. Sebagian dari anda tahu, bahwa akhir-akhir ini kasus kejahatan yang terjadi melalui facebook mulai merebak. Ambil contoh, kasus pelecehan seksual, perdagangan wanita, penculikan, bahkan sampai pembunuhan.

Mungkin beberapa tips dari bisa memberikan sedikit pencerahan agar terhindar dari kejahatan melalui facebook. Berikut tips nya :
  • Hindari pencarian jodoh di facebook. Dari sekian banyak hal yang menarik perhatian, masalah cinta adalah yang paling mengundang rasa ingin tahu. Jangan tertipu dengan profil seseorang di facebook, karena bagaimanapun facebook bisa “meng-kamuflase-kan” seseorang dari biasa menjadi luar biasa, dari tidak kaya menjadi kaya, yang jahat tampak terlihat baik.
  • Batasi link mana saja yang bisa berhubungan dengan anda. Anda tak pernah tahu dengan siapa anda berhubungan, maka lebih baik jadikanlah teman di kehidupan nyata anda saja sebagai teman di facebook. Dalam artian, add atau approve friend yang ada di kehidupan nyata kalian. Jika anda tidak tahu, lebih baik di ignore saja.
  • Bersikap kritis dalam segala hal. Remaja cenderung mudah jatuh cinta, percaya terhadap orang lain, dan sering mengalami fantasi yang mustahil untuk dilupakan. Disinilah titik lemah remaja yang dapat dimanfaatkan penjahat melalui facebook. Dengan kita bersikap kritis terhadap segala hal ,mempunyai dasar benar atau salah, boleh atau tidak boleh,maka kita tidak akan mudah terjerembab pada hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab kita tidak hanya melihat atau terlibat, tetapi kita akan bertanya terlebih dahulu, apakah ini baik atau tidak.
  • Akhiri pertemanan dengan teman yang tidak anda kenal. Jika teman anda sudah mulai menunjukan sikap yang mengarah pada hal-hal negatif, baik itu melalui komentar-komentar atau tulisan di dinding anda, terlebih jika dia menulis di inbox anda, seharusnya anda sudah bisa menentukan bahwa ini tidak baik. Maka lebih baik akhiri saja.
  • Hindari “ketemuan” sendirian dengan teman yang tidak anda kenal . Jika ada yang mengajak anda “ketemuan”, akan lebih aman jika anda tidak menghadirinya. Atau suruhlah dia untuk menemui anda di rumah anda. Dan jika masih tidak bisa, ajaklah salah satu anggota keluarga atau teman anda untuk mendampingi anda. usahakan pendamping anda adalah orang yang anda percaya bisa menjaga anda.
 Sumber : Ditreskrimsus Polda Metro Jaya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar